PENGARUH MODAL KERJA, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

SANTOSO, FIKA ANANDA (2024) PENGARUH MODAL KERJA, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Modal kerja diukur menggunakan asset lancar dibagi kewajiban lancar, profitabilitas diukur dengan Return On Equity (ROE), pertumbuhan penjualan diukur menggunakan rasio pertumubuhan penjualan periode sekarang dengan periode sebelunya, sedangkan CSR diukur menggunakan pengungkapan pada setiap masing2 perusahaan dibagi dengan total item pengungkapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 17 perusahaan. Data yang diambil yakni periode tahun 2019 – 2022. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunaka program SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap CSR. Ketiga variabel independen tersebut yakni modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh secara langsung terhadap pengungkapan CSR karena variabel tersebut memiliki fokus yang berbeda didalam perusahaan. Perusahaan akan tetap mengungkapkan tanggung jawab sosial, lingkungan, dan ekonomi nya karena penting untuk membangun reputasi, citra perusahaan, memenangkan kepercayaan pelanggan, dan menjaga keberlanjutan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: FIKA ANANDA SANTOSO (2010165449)
Uncontrolled Keywords: modal kerja, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, CSR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:53
Last Modified: 11 Oct 2024 07:45
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item