PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN AGENCY COST TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Healthcare yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016- 2020)

RETNONINGRUM, ISTYA (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN AGENCY COST TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Healthcare yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016- 2020). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (759kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh Profitabilitas,Likuiditas, dan Agency Cost terhadap Nilai Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Healthcare yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kurun waktu tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan diperoleh sampel sebanyak delapan (8) perusahaan. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini menunjukkan jika Profitabilitas mengalami kenaikan maka Nilai Perusahaan akan turun, karena kenaikan Profitabilitas tidak lantas mendorong investor untuk menginvestasikan dana karena pada tahun 2016-2020 keadaan ekonomi sedang tidak stabil sehingga hal tersebut mepengaruhi sisi psikologis para investor dan berdampak pada pengambilan keputusan investasi. Likuiditas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini menunjukkan jika Likuiditas mengalami kenaikan maka Nilai Perusahaan akan naik, karena perusahaan yang memiliki tingkat Likuiditas yang baik akan memberi sinyal positif pada investor sebab perusahaan tersebut dinilai memiliki kemampuan memenuhi kewajiban jangka pendek yang baik. Agency Cost berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini menunjukkan saat Agency Cost perusahaan naik maka Nilai Perusahaan juga akan naik. Karena dengan adanya Agency Cost dapat menaikkan tingkat kepercayaan investor pada perusahaan sehingga minat investor untuk menanamkan modal akan ikut naik sehingga Nilai Perusahaan meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ISTYA RETNONINGRUM (2020165539)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Likuiditas,Agency Cost, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 14 Jun 2023 10:12
Last Modified: 14 Jun 2023 10:12
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item