PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ISNAINI, NURIZZA ARSYI (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (845kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel intervening. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan leverage. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 perusahaan pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, menerbitkan annual report periode 2013-2015 dan melaksanakan Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility dalam penelitian ini diukur dengan GRI (Global Reporting Initiative) G4 yang merupakan salah satu cara untuk mengukur jumlah kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan diperoleh dari annual report perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23.0. Berdasarkan hasil pengujian uji kelayakan model menunjukkan bahwa model regresi yag dihasilkan baik (layak) dan dapat digunakan sebagai analisa selanjutnya. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik perusahaan yang diproksi profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Untuk karakteristik perusahaan yang diproksi profitabilitas berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility dan leverage tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Sedangkan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility bukan merupakan variabel intervening dalam pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NURIZZA ARSYI (1310108261)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, leverage, corporate social responsibility, dan nilai perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 26 Jun 2020 01:47
Last Modified: 26 Jun 2020 01:47
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item