PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

PRAMESTI, ARIKE ARDYA (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
4 ABSTRAKSI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
3 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan consumer goods yang terdaftar d Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian sebanyak 31 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan total pengamatan sebanyak 93 pengamatan. Corporate Social Responsibility dalam penelitian ini dinilai dengan 78 item informasi pengungkapan corporate social responsibility yang terbagi ke dalam tujuh kategori yaitu: lngkungan, energi, kesehatan, dan keselamatan kerja, produk, keterlibatan masyarakat, dan umum yang diungkapkan dalam laporan tahunan. Dalam penelitian menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05. Sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ARIKE ARDYA PRAMESTI (1510109393)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:13
Last Modified: 17 Dec 2019 06:13
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item