PERAN MPK PAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA STIESIA SURABAYA

MUTMAINNAH, DEWI (2019) PERAN MPK PAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA STIESIA SURABAYA. PIWULANG, JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, I (2). pp. 105-120. ISSN P-ISSN 2622-5638 ; E-ISSN 2622-5654

[img] Text
PEERREVIEW DEWI.pdf

Download (922kB)
[img] Text
Cek Similarity.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami peran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Pendidikan Agama Islam (PAI) serta efektivitasnya dalam membangun karakter mahasiswa STIESIA Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data model Spradley dan mengambil lokasi penelitian di lingkungan kampus STIESIA Surabaya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Pembangunan karakter melalui mata kuliah Pendidikan Agama Islam di STIESIA ditempuh dengan 3 strategi yaitu : (1) Moral Knowing/ Learning to Know, merupakan tahap pertama yang dilakukan yang berorientasi kepada penguasaan pengetahuan tentang nilai nilai akhlak mulia; (2) Moral Loving, tahapan dimana dosen menyentuh aspek emosional jiwa dan hati mahasiswa agar mencintai nilai-nilai akhlak mulia tersebut dan “butuh” untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari; dan (3) Moral Doing, adalah tahapan puncak dalam membangun karakter mahasiswa yaitu mempraktikkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengamatan dan wawancara Mata kuliah Pendidikan agama Islam di STIESIA berhasil membangun karakter mahasiswa menjadi lebih baik. Key words : Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam (MPK PAI), Pembangunan Karakter, STIESIA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam (MPK PAI), Pembangunan Karakter, STIESIA.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:26
Last Modified: 11 Nov 2019 03:26
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item