PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HEROCYN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK HEROCYN DI SURABAYA)

PRASTIWI, AISYAHARANI (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HEROCYN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK HEROCYN DI SURABAYA). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan social media marketing dan content marketing yang dilakukan PT Coronet Crown dalam memasarkan produk Herocyn di kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang tergolong generasi z dan milenial yang pernah menggunakan produk Herocyn dan berdomisili di Surabaya. Dalam memasarkan produk kepada genarasi z dan milenial, penerapan social media marketing dan content marketing dapat menjadi media promosi yang efektif. Namun, semakin banyaknya produk serupa yang memanfaatkan social media marketing membuat Herocyn perlu untuk terus mengembangkan strategi promosi di social media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 98 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji kelayakan model menggunakan uji f, koefisien determinasi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Herocyn di Surabaya. Hasil ini dikarenakan produk Herocyn telah beredar dari tahun 1980, sehingga konsumen sudah mempercayai kualitas dari produk Herocyn. Sedangkan, variabel content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Herocyn di Surabaya. Hal ini dikarenakan konsumen perlu mencari tahu informasi keunggulan produk Herocyn, sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: AISYAHARANI PRASTIWI (2010212169)
Uncontrolled Keywords: Andika, M.H. 2022. Pengaruh Content Marketing Dan Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar. Annur, C.M. 2010. Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial Di Indonesia. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/. 24 November 2023 (16.10). Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta. Astuti, M. dan A.R. Amanda. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish. Dedi, R.M. 2021. Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Brand Somethinc Di Indonesia. Skripsi. Universitas Telkom. Bandung. Elisa, R. dan N. Gordini. 2014. Content Marketing Metrics: Theoretical Aspects And Empirical Evidence. Journal Of European Scientific 10(34): 92–104. Frambach, R.T., H. Roest, dan T. Krishnan. 2007. The Impact Of Consumer Internet Experience On Channel Preference And Usage Intentions Accross The Different Stages Of The Buying Process. Journal Of Interactive Marketing 21(2): 26–41. Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Ghozali, I. 2019. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Gunelieus, S. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. McGraw Hill. United States. Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta. Huda, I.U., A.J. Karsudjono, dan R. Darmawan. 2021. Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Bisnis Dan Manajemen 8(1): 32. 70 Hair, J.F., W.C. Black., B.J. Babin, dan R.E. Anderson. 2011. Multivariate Data Analysis. Pearson Prentice Hall. New Jersey. Karr, D. 2016. How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. Meltwater. San Francisco. Kim, A.J. dan E. Ko. 2012. Impacts of Luxury Fashion Brand’s Social Media Marketing on Customer Relationship and Purchase Intention. Journal of Global Fashion Marketing : 164–171. Kotler, P. dan G. Armstrong. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta. Kotler, P. dan G. Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta. Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Prehallindo. Jakarta. Kotler, P. 2017. My Adventures in Marketing: The Autobiography of Philip Kotler. Idea Bite Press. Texas. Kotler, P. dan K. L. Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga. Erlangga. Jakarta. Lukito, V.T., B. Lianto, dan R.M. Surjani. 2013. Perancangan Strategi Bisnis Di PT Coronet Crown. Jurnal Teknik Industri 2(1): 1–19. Nazir, P.M. 2014. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Pulizzi, J. 2009. Get Content Get Customers: Turns Prospects Into Buyers With Content. McGraw Hill. New York. Puro, P. 2013. Content Marketing and the Significance of Corporate Branding. Journal Of International Marketing Management 3(5): 6–21. Riduwan, A. 2006. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung. Shadrina, R.N. dan Y. Yoestini. 2022. Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Management 11(2). Schiffman, L.G., L.L. Kanuk, dan J. Wisenblit. 2010. Consumer Behavior. Tenth Edit. Prentice Hall. New Jersey. Solis, B. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. Wiley. New Jersey. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung. 71 Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alphabeta. Bandung. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Alfabeta. Bandung. Sujarweni, V.W. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru. Yogyakarta. Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya.Bumi Aksara. Jakarta. Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor. Tapscoot, D. 2008. Grown Up Digital. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran Dan Analisa Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta. Weinberg, T. 2009. The New Community Rules : Marketing on the Social Web. O’Reilly. California. Zanjabila, R. dan R. Hidayat. 2017. Analisa Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Technopark (Studi Kasus Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017). Jurnal Manajemen Pemasaran 3(2): 368. Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oirelly Media. USA. Zemke, R., C. Raines., dan B. Filipczak. 2000. Generations at Work: Managing the Clash of Veterans, Boomers, Xers, and Nexters in Your Workplace. Amacom Books. New York.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:57
Last Modified: 22 Oct 2024 06:07
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item