PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI MEDIASI ORIENTASI PASAR (Studi pada SENTRA UKM DOLLY SURABAYA)

MOCH. NUZLAL M. R, MOCH. NUZLAL M. R (2018) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI MEDIASI ORIENTASI PASAR (Studi pada SENTRA UKM DOLLY SURABAYA). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kinerja bisnis adalah hubungan terbentuknya proses antara organisasi dengan hasil kerja yang menghasilkan barang dan jasa melalui kinerja serta mempunyai hubungan dengan tujuan organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis melalui orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM dan UKM di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah produsen UMKM dan UKM sebanyak 53 respondenyang memasarkan produknya di Sentra UKM Dolly Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu SPSS 24. Hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel orentasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel orientasi pasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Namun, orientasi kewirausahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bisnis dengan nilai signifikansi sebesar 0,269. Secara tidak langsung orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap orientasi pasar dan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis dengan nilai R2 sebesar 0,334. Kata kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kinerja Bisnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Melisa Kakaina
Date Deposited: 01 Oct 2019 11:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item