PUTRI, PUJI LESTARI EKA (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (288kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media terhadap keputusan pembelian dan e-wom. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media menggunakan E-WOM terhadap keputusan pembelian di Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Prodi S1 Manajemen angkatan 2018 kelas pagi yang telah melakukan daftar ulang sebanyak 137 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling yaitu metode pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak dengan cara menyediakan kuesioner berupa pertanyaan yang akan dijawab oleh responden sesuai dengan kriterian yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (partialleastsquare) dengan alat statistik SmartPLS3.0. Hasil penelitian membentuk analisa bahwa viralmarketing, socialmedia, dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM, sedangkan viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap E-WOM. Selanjutnya viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM, sedangkan socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | PUJI LESTARI EKA PUTRI (1810211474) |
Uncontrolled Keywords: | viralmarketing, socialmedia, e-wom, keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ronal Kamim, S. Hum. |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:56 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:56 |
URI: | http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458 |
Actions (login required)
View Item |