PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya)

PUTRI, PUJI LESTARI EKA (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media terhadap keputusan pembelian dan e-wom. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viralmarketing dan social media menggunakan E-WOM terhadap keputusan pembelian di Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Prodi S1 Manajemen angkatan 2018 kelas pagi yang telah melakukan daftar ulang sebanyak 137 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling yaitu metode pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak dengan cara menyediakan kuesioner berupa pertanyaan yang akan dijawab oleh responden sesuai dengan kriterian yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (partialleastsquare) dengan alat statistik SmartPLS3.0. Hasil penelitian membentuk analisa bahwa viralmarketing, socialmedia, dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM, sedangkan viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap E-WOM. Selanjutnya viralmarketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM, sedangkan socialmedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui E-WOM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: PUJI LESTARI EKA PUTRI (1810211474)
Uncontrolled Keywords: viralmarketing, socialmedia, e-wom, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:56
Last Modified: 27 Dec 2022 03:56
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item