PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA MDTA TAUHIDULLAH SURABAYA)

KUSNADI, BEBY OKTANIA PUTRI (2021) PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA MDTA TAUHIDULLAH SURABAYA). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur kinerja pada institusi sekolah dengan perspektif Balanced Scorecard, karena perspektif tersebut menekankan pada aspek keuangan dan non keuangan. Penggunaan metode Balanced Scorecard dianggap sesuai untuk organisasi sektor publik (misalnya sekolahan) maka, penelitian ini dilaksanakan di MDTA Tauhidullah Surabaya. Pengukuran kinerja mencakup perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengungkap suatu fakta dan keadaan yang terjadi pada saat dilakukan pengamatan. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil pengamatan terhadap perspektif Balanced Scorecard dapat disimpulkan bahwa, 1) pada perspektif keuangan mengalami peningkatan pada indikator peningkatan pendapatan sedangkan biaya sudah menunjukkan efisien, 2) pada perspektif pelanggan ada peningkatan setiap tahun khususnya pada indikator penerimaan peserta didik baru dan berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan kepuasan bagi pelanggan, 3) pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa sekolah sudah melakukan inovasi dalam bidang kesiswaan, kurikulum, dan sarana prasarana, 4) pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdapat pembinaan akhlaq dan peningkatan kualitas kinerja pegawai yang tercermin dalam kepuasan pegawai para gurunya. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Untuk mencapainnya maka diperlukan komitmen dan kerjasama dari semua pihak sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: BEBY OKTANIA PUTRI KUSNADI (1710110767)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:46
Last Modified: 08 Sep 2021 02:46
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item