PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA

AFRIADI, YUDHA (2016) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (848kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat, serta pesatnya perkembangan teknologi kedokteran, hal ini menjadi tuntutan terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas agar dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Dalam pembangunan kesehatan di bidang pelayanan yang langsung seperti rumah sakit, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu, cakupan dan efisiensi pelaksanaan rujukan medis dan rujukan kesehatan secara terpadu serta meningkatkan dan memantapkan manajemen pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga, fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bedah Surabaya, serta untuk mengetahui manakah dari variabel kualitas layanan, harga dan fasilitas yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bedah Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang sudah menjalani rawat inap minimal 2 × 24 jam (2 hari), pasien dalam proses penyembuhan, dapat berkomunikasi dengan baik, sudah diperbolehkan pulang, pasien menempati semua kelas perawatan di Rumah Sakit Bedah Surabaya. Penentuan sampel menggunakan Non Probability Sampling, Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari kualitas layanan, harga dan fasilitas masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan, sedangkan variabel fasilitas berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Bedah Surabaya adalah terbukti kebenarannya. Hasil Penelitian ini mendukung pernyataan Kotler & Keller (2006), Raharjani (2005), Yazid (2005:85), Hartanto (2005:501) yang menyatakan apabila suatu perusahaan jasa mempunyai fasilitas yang memadai sehinggga dapat memudahkan konsumen dalam menggunakan jasanya dan membuat nyaman konsumen dalam menggunakan jasanya tersebut maka akan dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: YUDHA AFRIADI (1210205231)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Harga, Fasilitas, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:19
Last Modified: 09 Feb 2021 08:19
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item