PRASETIA, MUHAMMAD YUGA (2016) PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT GAYUNGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (22kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (929kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja karyawan Puskesmas Gayungan Surabaya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang beralamat di jalan Gayung Sari Barat No. 124 Surabaya. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarkat (IKM). Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan teknik survey pendahuluan dan study lapangan dengan cara dokumentasi, wawancara, dan kuesioner Hasil survey yang dilakukan pada penelitian di Puskesmas Gayungan Surabaya tentang pengukuran kinerja karyawan dengan variable program pokok/wajib diperoleh nilai 86,7% dengan nilai mutu pelayanan A yang berarti kinerja unit pelayanan sangat baik, untuk program pengembangan/inovatif diperoleh nilai 63,34% dengan nilai mutu B yang berarti kinerja unit pelayanan baik, dan manajemen puskesmas diperoleh nilai 87% dengan nilai mutu A yang berarti kinerja unit pelayanan sangat baik, sedangkan untuk tingkat kualitas kinerja pelayanan yang dinilai dari Indeks Kepuasam Masyarakat (IKM) yaitu (1) prosedur pelayanan, (2) persyaratan pelayanan, (3) kejelasan petugas pelayanan, (4) kedisiplinan petugas pelayanan, (5) tanggung jawab petugas pelayanan, (6) kemampuan petugas pelayanan, (7) kecepan pelayanan, (8) keadilan mendapatkan pelayanan, (9) kesopanan dan keramahan petugas, (10) kewajaran biaya pelayanan, (11) kepastian biaya pelayanan, (12) kepastian jadwal pelayanan, (13) kenyamanan pelayanan, (14) keamanan pelayanan berada pada posisi baik dan diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 2,99 dan nilai IKM setelah dikonversi 2,99 × 25 = 74,75 yang merupakan kategori kriteria mutu pelayanan dan kinerja pelayanan di bidang kesehatan (Puskesmas Gayungan Surabaya) dengan hasil yang baik. Dari pembahasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa perlunya Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai pengukuran kinerja pelayanan khususnya organisasi sektor publik sebaiknya diterapkan tiap tahunnya dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan selanjutnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | MUHAMMAD YUGA PRASETIA (1210108049) |
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja Karyawan, Pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Ronal Kamim, S. Hum. |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 08:54 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 08:54 |
URI: | http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
View Item |