ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI PENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA

OKTAVIA, RIA RESYO (2016) ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI PENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu sumber penerimaan daerah adalah melalui penerimaan dari sektor pajak daerah khususnya pajak reklame yang memiliki peranan penting untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan pajak reklame, tingkat efektivitas dari pemungutan pajak reklame, dan kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deksripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis laju pertumbuhan pajak reklame, analisis efektivitas penerimaan pajak reklame, serta analisis kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Sumber data penelitian berasal dari data sekunder berupa data Laporan Realisasi Anggaran tahun 2010-2014 yang diperoleh dengan teknik studi lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di Kota Surabaya belum optimal dan penerimaannya berfluktuatif. Hal tersebut dapat terlihat dari laju pertumbuhan pajak reklame selama dalam kurun waktu 5 tahun terakhir yaitu sejak tahun 2010-2014 hanya memiliki rata-rata sebesar 7,28% yang berada pada kriteria tidak berhasil, sedangkan dari segi tingkat efektivitas penerimaan pajak reklame sebesar 90,39% yang berada pada kriteria efektif. Untuk kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2010-2014 memiliki rata-rata hanya 4,81% yang berada pada kriteria sangat kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RIA RESYO OKTAVIA (1210107792)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 21 Dec 2020 06:10
Last Modified: 21 Dec 2020 06:10
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item