PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

LOBO, YULIANA PUTRI ALIEMSYAH (2016) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (752kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dan pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Variabel corporate social responsibility (CSR) diukur dengan corporate social responsibility disclosure index (CSRDI) berdasarkan indeks GRI (Global Reporting Initiative) yang terdiri dari enam fokus pengungkapan yaitu ekonomi, lingkungan, tenaga kerja, hak asasi manusia, masyarakat, dan produk. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan price book to value (PBV), sedangkan profitabilitas diproksikan dengan return on equity (ROE). Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2014 dan dipilih secara purposive sampling. Terdapat 38 perusahaan sampel dengan periode selama empat tahun, sehingga diperoleh 152 observasi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari Indonesian Capital Market Directory, Pojok Bursa Efek Indonesia, dan website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan uji nilai selisih mutlak untuk menguji pengaruh variabel moderating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel moderating tidak mampu memoderasi pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: YULIANA PUTRI ALIEMSYAH LOBO (1210107822)
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility (CSR), nilai perusahaan (PBV), profitabilitas (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:34
Last Modified: 03 Dec 2020 03:34
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item