PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PERSISTENSI LABA DAN LEVERAGETERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT

FITRIANA, LENA (2016) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PERSISTENSI LABA DAN LEVERAGETERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan informasi yang digunakan investor dalam mengambil keputusan investasi pada suatu perusahaan, salah satu informasi yang menjadi pusat perhatian yaitu laba, karena laba yang diumumkan dapat mencerminkan kinerja dari suatu perusahaan sehingga dapat mempengaruhi permintaan akan saham. Earning Response Coefficient (ERC) merupakan koefisien yang menunjukkan besarnya respon pasar terhadap laba yang diumumkan oleh suatu perusahaan. Terkait dengan hal tersebut maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah variabel CSR, persistensi laba dan leverage berpengaruh terhadap ERC. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2014. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange(www.idx.com) dan (www.finance.yahoo.com). Dengan demikian sampel yang diperoleh adalah 30 perusahaan atau 120 firm years. Namun dari 120 objek observasi terdapat 48 data outlier, Sehingga penelitian ini menguji 72 data observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian asumsi multikolinearitas menunjukkan tidak ada hubungan diantara variabel-variabel independen sehingga multikolinearitas tidak terjadi dalam penelitian ini. Pengujian asumsi heterokedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi permasalahan. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: (1) CSR tidak berpengaruh terhadap ERC yang menandakan bahwa investor tidak menggunakan informasi CSR dalam membuat keputusan investasi. (2) Persistensi laba tidak berpengaruh terhadap ERC.(3) Leverage berpengaruh negatif terhadap ERC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: LENA FITRIANA (1210107745)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Leverage, Earning Response Coefficient
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:31
Last Modified: 01 Dec 2020 05:31
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item