PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

FAJARTANIA, LALA (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
3. PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
4. ABSTRAKSI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan consumer goods yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 9 perusahaan consumer goods yang memenuhi kriteria sebagai sampel penilitian. Metode statistik yang digunakan untuk adalah statistik deskriptif serta analisis jalur yang digunakan adalah statistik deskriptif serta analisis jalur yang digunakan untuk menguji pengaruh secara langsung ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan, serta pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa besaran pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas lebih besar dibandingkan besaran pengaruh langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh secara langsung terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa besaran pengaruh langsung struktur modal terhadap nilai perusahaan lebih besar dibandingkan besaran pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Kata kunci: ukuran perusahaan, struktur modal, nilai perusahaan, profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Melisa Kakaina
Date Deposited: 09 Sep 2019 05:45
Last Modified: 09 Sep 2019 05:45
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item