PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

MAULIDYAH, ANA NUR (2018) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3. PENDAHULUAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
2. FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam menjaga eksistensinya, perusahaan tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya. Ada hubungan resiprocal (timbal balik) antara perusahaan dengan masyarakat. Perusahaan dan masyarakat adalah pasangan hidup yang saling memberi dan membutuhkan. Dua aspek penting yang harus diperhatikan agar tercipta kondisi sinergis antara keduanya. Kesadaran suatu perusahaan atau institusi untuk tidak hanya menghasilkan keuntungan maksimal, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat menjadikan tanggung jawab sosial semakin penting bagi dunia bisnis. Corporate social responsibility merupakan tuntutan bagi perusahaan agar tidak beroperasi hanya untuk kepentingan para pemegang saham, tetapi juga untuk kepentingan stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2017, dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar -3,538 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti kinerja keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya, semakin besar kinerja keuangan, maka nilai perusahaan akan menurun. Dan hipotesis kedua dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui nilai thitung sebesar -5,211 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kinerja keuangan (ROA) dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi memperlemah kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ANA NUR MAULIDYAH (1620110341)
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan, nilai perusahaan, corporate social responsibility
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:29
Last Modified: 24 Jun 2020 01:29
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item