PENGUKURAN KINERJA DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD (STUDI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURABAYA)

JOHANSYAH, FIKHY RAHDIAN (2017) PENGUKURAN KINERJA DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD (STUDI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURABAYA). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
FULL TEX SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (954kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengukuran kinerja pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan metode balanced scorecard. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian teknik documenter dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa: perspektif keuangan, yaitu return on assets (ROA), return on equity (ROE), dan current ratio (rasio lancar) diperoleh hasil kinerja perusahaan yang baik. Pada perspektif pelanggan, pelaksanaan visi dan misi yang berakitan dengan peningkatan kepuasan pelanggan mengalami peningkatan. Sedangkan pada pengukuran perspektif proses bisnis internal dengan menggunakan Uncountable Water Rate (UWR), yang mengukur seringnya perusahaan mengalami kehilangan air dalam distribusi air kepada pelanggan menunjukkan kinerja yang semakin baik. Sementara untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dilihat dari produktivitas karyawan dan retensi karyawan menghasilkan kinerja yang baik. Meskipun kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif menunjukkan kinerja yang baik, namun demikian tetap diperlukan pengembangan model pengukuran kinerja yang relevan, sejalan dengan dinamika lingkungan bisnis dimasa mendatang. Kata kunci: Balanced scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: FIKHY RAHDIAN JOHANSYAH (12.1.01.07719)
Uncontrolled Keywords: Balanced scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting > Managerial Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Hangga Danutomo
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:02
Last Modified: 19 Feb 2020 07:02
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item