IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH OTAK-OTAK BANDENG BERBASIS POTENSI DAERAH DI KABUPATEN GRESIK

Atmajawati, Yayah and Khamimah, Wininatin (2018) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH OTAK-OTAK BANDENG BERBASIS POTENSI DAERAH DI KABUPATEN GRESIK. Jurnal Media Mahardhika, 17 (1). pp. 165-169. ISSN (Print) 0854-0861 (Online) 2407-4950

[img] Text
Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan UKM - Jurnal Media Mahardhika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin-Identifikasi Faktor2 Yang Mempengaruhi UMK Otak2 Bandeng - Media Mahardhika.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Peer Review Artikel Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pengembangan UKM - Jurnal Media Mahardhika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) otak-otak bandeng mempunyai peran penting sebagai salah satu penggerak perekonomian Kabupaten Gresik, karena dapat membantu dalam penyerapan tenaga kerja dan upaya pengentasan kemiskinan. Disisi lain, Usaha kecil dan menengah (UKM) otak-otak Bandeng di Kabupaten Gresik mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi antara lain: permodalan, pemasaran, produk tidak bisa tahan lama, proses produksi masih manual. Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik UKM otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik agar dapat diketahui gambaran atau kondisi aktual yang dihadapi pelaku usaha UKM tersebut. Setelah mendapatkan gambaran atau kondisi aktual, maka dilakukan analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal UKM otak-otak bandeng dan pemilihan beberapa alternatif strategi pengembangannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Faktor-faktor internal yang digunakan dalam mengembangkan UKM Otak-Otak Bandeng di Kabupaten Gresik adalah: Bahan baku ikan bandeng berlimpah, Tanpa menggunakan bahan kimia dalam proses produksi, Produk sudah dikenal di masyarakat, Konsumsi ikan semakin meningkat, Produk tidak tahan lama, Sumber daya manusia masih rendah tingkat pendidikannya, Modal usaha kecil, Proses produksi masih manual, dan Terbatasnya akses pasar. Sedangkan Faktor-faktor eksternal yang digunakan dalam mengembangkan UKM Otak-Otak Bandeng di Kabupaten Gresik adalah: Dukungan kebijakan Pemerintah Daerah, Pertumbuhan jumlah penduduk semakin meningkat, Budaya membeli oleh-oleh, Gresik sebagai kota wisata dan industri, Persaingan produk otak-otak bandeng semakin ketat, Sulit mendapatkan ikan bandeng yang memiliki spesiikasi berat dan panjang yang ditentukan, Harga bahan baku fluktuatif, tetapi harga jual produk tetap, dan Manajemen keuangan belum teratur. Kata Kunci: UKM, Matriks IFE, EFE, IE, dan Analisis SWOT

Item Type: Article
Additional Information: Yayah Atmajawati ; Wininatin Khamimah
Uncontrolled Keywords: UKM, Matriks IFE, EFE, IE, dan Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:45
Last Modified: 03 Sep 2020 07:22
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item