IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya)

YULIONO, REGITA NANDA (2019) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah merupakan penyedia layanan publik tanpa adanya profit. Pelayanan publik didasarkan atas peran dan tujuan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa yang memiliki karakteristik sebagai barang publik. Oleh karena itu, dalam melayani masyarakat harus mempertimbangkan aspek kebutuhan dan kepuasan masyarakat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik. Kinerja merupakan suatu pencapaian hasil kerja dalam memenuhi tugasnya, seperti memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Dalam mewujudkan pemerintah yang baik dengan menjalankan good governance yang diharapkan memberi pertanggungjawaban yang lebih baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kinerja organisasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kinerja organisasi pelanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan bersumber dari observasi dan wawancara yang meliputi produktivitas yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data observasi dan wawancara. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah terlaksananya implementasi prinsip- prinsip good governance dalam meningkatnya kinerja organisasi pelayanan publik, namun ditemukan kendala seperti adanya beberapa pegawai yang belum mengerti prinsip-prinsip good governance. Kendala selanjutnya, kurangnya sosialisasi aplikasi E-Lampid dan tersedianya koneksi yang kurang stabil sehingga dapat terjadinya kesalahan dalam memasukan data administrasi kependudukan dan catatan sipil. Kesimpulan dalam penelitin ini good governance meningkatkan kinerja organisasi dengan baik yaitu: meningkatkan kemampuan pegawainya dalam memenuhi tugasnya, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, masyarakat mudah memperoleh dan memahami informasi, serta tidak adanya kesenjangan sosial. Kata-kata kunci: Good Governance, Pelayanan Publik, Kinerja Organisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: REGITA NANDA YULIONO (1510109746)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik, Kinerja Organisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:28
Last Modified: 26 Dec 2019 03:28
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item