E-PROCUREMENT MEMODERASI PENGARUH STRATEGI TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP PENYERAPAN ANGGARAN PENGADAAN BARANG/JASA DI NUSA TENGGARA BARAT

AMOL, FEBRIYANTI (2019) E-PROCUREMENT MEMODERASI PENGARUH STRATEGI TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP PENYERAPAN ANGGARAN PENGADAAN BARANG/JASA DI NUSA TENGGARA BARAT. Masters thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengadaan barang/jasa memiliki peran penting dalam menjalankan roda pemerintahan. Namun, tidak sedikit proses pengadaan barang/jasa berujung praktik korupsi. Selama beberapa dekade, pengadaan barang/jasa dilakukan secara konvensional dimana terdapat penyelewengan diantaranya praktik penunjukkan langsung dan merekayasa Harga Perkiraan Sendiri. Akibatnya timbul penggelembungan harga, yang disusul dengan adanya aliran dana dari penyedia barang/jasa kepada pengguna barang/jasa. Beranjak dari hal tersebut maka pengadaan barang/jasa konvensional mulai dialihkan ke pengadaan barang/jasa secara elektronik, yakni e-procurement. Dengan adanya e-procurement diharapkan memudahkan instansi pemerintahan dalam melakukan pengadaan barang/jasa serta dapat meningkatkan dan menjamin terjadinya efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas dalam pembelanjaan uang negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-procurement terhadap strategi transparansi dan akuntabilitas dalam penyerapan anggaran pengadaan barang/jasa di NTB. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sistem e-procurement (khususnya e-purchasing berbasis e-catalogue) di lingkup SKPD Propinsi NTB. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel karena semua populasi menjadi responden, yakni 30 responden. Teknik analisa yang digunakan adalah Model Regresi Berganda-Moderated Regression Analysis. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa strategi transparansi dan akuntabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap penyerapan anggaran pengadaan barang/jasa di NTB. Tak hanya itu, E-procurement juga tidak memoderasi strategi transparansi dan akuntabilitas terhadap penyerapan anggaran pengadaan barang/jasa di NTB. Kata Kunci : e-procurement, transparansi, akuntabilitas dan penyerapan anggaran pengadaan barang/jasa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-procurement, transparansi, akuntabilitas dan penyerapan anggaran pengadaan barang/jasa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Program Magister Manajemen
Depositing User: Rizal C. Mahenda
Date Deposited: 03 Sep 2019 05:57
Last Modified: 08 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item