PENGARUH CUSTOMER REVIEW, RATING, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA ERIGO OFFICIAL SHOP DI PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA)

CHOLID, NAFIISA AUNILLAH (2023) PENGARUH CUSTOMER REVIEW, RATING, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA ERIGO OFFICIAL SHOP DI PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA). Undergraduate thesis, STIESIA Surabaya.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui membangun kepercayaan pelanggan untuk berbelanja online di platfrom Shopee pada Erigo Official Shop. Dikarenakan banyaknya penipuan yang terjadi pada platform Shopee seperti, produk yang tidak sesuai pada saat barang dikirim/tidak dikirim meskipun sudah terjadi pembayaran dan pelanggan hanya bisa melihat produk melalui gambar/deskripsi yang tidak bisa pelanggan rasakan. Trend berbelanja online semakin meningkat, namun banyak juga penipuan dalam berbelanja online. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membangun kepercayaan agar pelanggan tidak ragu-ragu berbelanja online di platfrom Shopee. Maka peneliti ingin membangun kepercayaan pelanggan dengan menggunakan 3 variabel customer review, rating, dan kualitas pelayanan. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini adalah mahasiswa/i aktif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang pernah membeli di Erigo Official Shop di platform Shopee yang mempunyai jumlah tidak terbatas (infinite). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Anggota sampel sebanyak 100 responden yang melakukan kepercayaan pelanggan pada Erigo Official Shop di platform Shopee yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan model menggunakan uji f, koefisien determinasi berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan pada Erigo Official Shop di platform Shopee. Serupa dengan rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan pada Erigo Official Shop di platform Shopee. Demikian juga dengan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan pada Erigo Official Shop di platform Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NAFIISA AUNILLAH CHOLID (1910211822)
Uncontrolled Keywords: Customer Review, Rating, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:35
Last Modified: 22 Jun 2023 06:35
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item