HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DENGAN KOMITMEN PROFESIONAL PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Suhermin, Suhermin and Izzati, Umi Anugerah (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DENGAN KOMITMEN PROFESIONAL PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Prosiding seminar Nasional 2020. pp. 378-383.

[img] Text
023-Turnitin SEMNAS UNESA SUHERMIN blm .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Total keseluruhan jumlah populasi guru yang bekerja di salah satu Sekolah Menengah Pertama Swasta digunakan sebagai subyek penelitian. Subyek penelitian ini berjumlah 35 orang guru yang terdiri dari guru pria dan wanita dengan tingkat pendidikan minimal S1. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen. Instrumen pada penelitian ini berupa skala pemberdayaan psikologis dan skala komitmen profesional. Teknik analisa data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini di peroleh koefisien korelasi sebesar 0,740 (r = 0,740) dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) yang bermakna bahwa terdapat hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan komitmen professional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara pemberdayaan psikologis dan komitmen profesional. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi pemberdayaan psikologis, maka akan semakin tinggi pula komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Demikian pula sebaliknya semakin rendah pemberdayaan psikologis, maka akan semakin rendah pula komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Kata Kunci: Pemberdayaan Psikologis, Komitmen Profesiobal, Guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Psikologis, Komitmen Profesiobal, Guru.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Hangga Danutomo
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:41
Last Modified: 04 Apr 2023 05:41
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item