PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP E-COMMERCE INTENTION MELALUI APLIKASI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA DI SURABAYA

Suryawirawan, Okto Aditya (2019) PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP E-COMMERCE INTENTION MELALUI APLIKASI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA DI SURABAYA. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 4 (1). pp. 1-8. ISSN P-ISSN 2599-283X, E-ISSN 2528-2433

[img] Text
MEBIS Artikel - OktoAS.pdf

Download (394kB)
[img] Text
MEBIS Turn - OktoAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PeerReview Mebis UPN.OktoAS.pdf

Download (769kB)

Abstract

Pertumbuhan e-commerce yang pesat dalam kurun waktu 4 tahun terakhir menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Peluang tersebut dapat menjadi alternatif solusi bagi pengangguran di Indonesia yang meningkat pada tahun 2017. Namun melihat bahwa industri digital tergolong industri yang padat modal, perlu kemudian kiranya dikaji kembali arah pemanfaatan peluang tersebut. Fokus dari penciptaan lapangan kerja sebaiknya tidak pada penciptaaan platform-platform e-commerce yang semakin banyak, namun pada bagaimana calon pelaku bisnis dan pelaku bisnis yang sudah ada dapat memanfaatkan platform-platform e- commerce tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap e-commerce intention melalui aplikasi online shop di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen. Hubungan antar variabelnya kemudian diuji menggunakan partial least square dengan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap e-commerce intention dan pengaruh positif signifikan perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Pengaruh perceived usefulness terhadap e-commerce intention ditemukan positif namun tidak signifikan. Kata kunci: E-commerce, perceived ease of use, perceived usefulness, intention

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-commerce, perceived ease of use, perceived usefulness, intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 15 Apr 2021 10:06
Last Modified: 25 Oct 2021 08:35
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item View Item