PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF PELANGGAN VANS STORE SURABAYA

PUSPITA, ELDORA MAULIDYA (2016) PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF PELANGGAN VANS STORE SURABAYA. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belanja hedonis mempunyai pengaruh langsung terhadap pembelian impulsif atau dimediasi oleh emosi positif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pelanggan pada Vans Store Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental dengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukkan pengaruh motivasi belanja hedonis dan emosi positif masing – masing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap emosi positif menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belanja hedonis dapat berpengaruh langsung terhadap pembelian impulsif maupun berpengaruh tidak langsung dengan melewati emosi positif sebagai variabel interveningyang mempengaruhi pembelian impulsif. Hasil ini menunjukkan bahwa ketika seseorang melakukan pembelian impulsif (proses terjadinya pembelian secara tiba – tiba, spontan, tidak direncanakan) bisa dipengaruhi oleh motivasi belanja hedonis (merasakan akan suasana termotivasi oleh kebutuhan psikologis dalam berbelanja) dan akan lebih kuat pengaruhnya bila ditambah dengan variabel emosi positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ELDORA MAULIDYA PUSPITA (1210205408)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belanja Hedonis, Emosi Positif, Pembelian Impulsif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 05 Feb 2021 09:08
Last Modified: 05 Feb 2021 09:08
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item