PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Rumah Makan Bu Rusli Sidoarjo)

ANDREAS, CAESAR (2016) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Rumah Makan Bu Rusli Sidoarjo). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (924kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Persaingan bisnis produk yang semakin ketat pada masa kini membuat perusahaan harus lebih memikirkan kualitas dari produk yang akan ditawarkan. Melihat hal tersebut memaksa perusahaan meningkatkan kualitas produknya agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menciptakan kepuasan pelanggan yang juga berujung pada terciptanya loyalitas pelanggan. Variabel yang dimuat dalam peneilitan ini terdiri dari variabel independen (kualitas produk), variabel dependen (loyalitas pelanggan), dan variabel intervening (kepuasan pelanggan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan rumah makan Bu Rusli Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan metode analisis jalur (path analysis) menggunakan SPSS 22 for Windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk secara langsung berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan karena total effect > direct effect. Hasil pengujian ini juga menunjukan besaran pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan lebih besar dibandingkan besaran pengaruh langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: CAESAR ANDREAS (1210205470)
Uncontrolled Keywords: produk, kepuasan, dan loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:31
Last Modified: 05 Feb 2021 08:31
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item