PENGARUH GOODCORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

SAFITRI, RUTICHA (2016) PENGARUH GOODCORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (715kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Memaksimalkan nilai perusahaan untuk kemakmuran para pemegang saham merupakan tujuan utama perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan leverage sebagai variabel moderating yang dilakukan oleh perusahaan makanan dan minuman di Indonesia. Variabel good corporate governance diukur dengan kepemilikan manajerial dan variabel leverage diukur dengan debt equity ratio (DER). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang di ambil adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011 sampai 2015. Total sampel penelitian adalah 12 perusahaan makanan dan minuman yang ditentukan melalui purposive sampling. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena kepemilikan saham oleh manajerial saja tidak membawa pengaruh signifikan terhadap keputusan pemegang saham. Corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena sedikitnya pengungkapan indeks corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan maupun bias diakibatkan oleh perbedaan penafsiran antara peneliti dan perusahaan. Leverage berdampak secara signifikan negatif pada pengaruhgood corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan karena leverage mampu meningkatkan nilai perusahaan pada saat good corporate governance (GCG) turun. Leverage tidak berdampak pada pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan karena rasio hutang tidak memiliki pengaruh indeks corporate social responsibility (CSR)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RUTICHA SAFITRI (1210107927)
Uncontrolled Keywords: good corporate governance, corporate social responsibility, leveragedan nilai perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:15
Last Modified: 29 Jan 2021 02:15
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item