PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

HARDIAN, ANANDA PUTRA (2015) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Nilai perusahaan merupakan suatu proksi yang menggambarkan kemakmuran pemegang saham dan sangat penting karena mencerminkan kinerja keuangan dan ukuran perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh investor untuk menentukan investasi saham. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dipilih secara purposive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). Dalam hal ini laporan keuangan dari tahun 2010-2013. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan karena semakin tinggi profitabilitas maka semakin tinggi pula nilai perusahaan dan sebaliknya. 2) leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena investor lebih membutuhkan informasi mengenai bagaimana manajemen perusahaan memanfaatkan modal perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. 3) likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena rasio ini hanya menunjukkan kemampuan perusahaan menutupi hutang lancar dengan kas, sehingga rasio ini tidak diperhitungkan investor. 4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena para investor ingin menanamkan sahamnya pada perusahaan yang memiliki prospek yang baik, tidak bergantung pada besar kecilnya perusahaan. 5) corporate social responsibility tidak berdampak secara signifikan pada pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan karena corporate social responsibility yang diungkapkan terlalu kecil dan perbedaan sudut pandang antara peneliti dengan perusahaan. 6) corporate social responsibility tidak berdampak secara signifikan pada pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan karena corporate social responsibility yang diungkapkan terlalu kecil dan perbedaan sudut pandang antara peneliti dengan perusahaan. 7) corporate social responsibility tidak berdampak secara signifikan pada pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan karena hanya melihat rasio likuiditas sudah cukup bagi investor untuk mengambil keputusan berinvestasi. 8) corporate social responsibility tidak berdampak secara signifikan pada pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan karena terdapat jaminan yang tertera pada UU Perseroan Terbatas no.40 tahun 2007, bahwa perusahaan pasti melaksanakan corporate social responsibility dan mengungkapkannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ANANDA PUTRA HARDIAN (1110107354)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan dan corporate social responsibility
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 05 Jan 2021 11:33
Last Modified: 05 Jan 2021 11:33
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item