PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

SUSANTO, CINDITYA MARINA (2015) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perusahaan yang dipengaruhi oleh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan profitabilitas. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat kepada perusahaan, atas pelaksanaan GCG dan CSR yang telah dilakukannya guna memberikan kemampuan untuk dapat menyajikan kinerja terbaik sehingga ketertarikan investor jangka panjang dapat meningkat pada saham perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2011-2013. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 41 perusahaan manufaktur dengan kriteria sebagai berikut pertama, perusahaan yang menerbitkan laporan tahunan secara berturut-turut, kedua, perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR selama periode 2011-2013, dan yang terakhir perusahaan yang menyajikan laporan keuangannya dengan mata uang Rupiah. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, maka ditemukan bahwa : Pertama, Good Corporate Governance berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, karena perusahaan tidak menerapkan tata kelola perusahaan dengan maksimal sehingga hubungan peran dewan komisaris, peran direksi, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya kurang berjalan dengan harmonis sehingga kurang mempengaruhi nilai perusahaan. Kedua, Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, karena stabilitas dan kemakmuran jangka panjang perusahaan bisa didapat jika perusahaan melakukan pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat. Semakin tinggi pengungkapan tanggung jawab sosial mengakibatkan peningkatan nilai perusahaan. Ketiga, Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, karena dengan perusahaan memiliki laba yang tinggi, maka akan meningkatkan minat investor menanamkan modal di perusahaan tersebut sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: CINDITYA MARINA SUSANTO (1110107201)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:04
Last Modified: 28 Dec 2020 03:04
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item