PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO DAN MAKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

NOVITASARI, RINI (2016) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO DAN MAKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mengoptimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka semakin sejahtera para shareholdernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental mikro yang terdiri atas kebijakan hutang (diproksi oleh Debt to Equity Ratio), kebijakan dividen (diproksi oleh Dividend Payout Ratio), keputusan investasi (diproksi oleh Price Earning Ratio), profitabilitas (diproksi oleh Return On Equity), firm size (diproksi oleh aset) dan fundamental makro ekonomi yang terdiri atas tingkat inflasi dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan (diproksi oleh Price Book Value). Obyek penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam kelompok manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (www.idx.co.id) yaitu data laporan keuangan selama empat tahun berturut-turut (2010-2013). Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Penggunaan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang lebih spesifik diperoleh jumlah sampel sebanyak 23 perusahaan untuk diteliti. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel kebijakan hutang dan kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. 2) Variabel kebijakandividen, kesempatan investasi, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. 3) Variabel firm size, inflasi, dan tingkat suku bunga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RINI NOVITASARI (1210107621)
Uncontrolled Keywords: faktor fundamental makro, faktor fundamental mikro, nilai perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:00
Last Modified: 02 Dec 2020 03:00
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item