PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Empiris pada PT Prudential Life Assurance)

YUNIASARI, DITA (2016) PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Empiris pada PT Prudential Life Assurance). Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (766kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi pengukuran kinerja PT Prudential Life Assurance menggunakan Balanced Scorecard. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu pengolahan data menggunakan kata-kata dalam bentuk penjelasan. Berdasarkan empat perspektif Balanced Scorecard dilakukan penjabaran dan pemetaan strategi (Map Strategy) yang bertujuan untuk memberikan komitmen pada perusahaan untuk menjalankan kegiatan perusahaan sesuai dengan sasaransasaran yang telah disepakati. Dalam Map Strategy pada perspektif keuangan menunjukkan pertumbuhan pendapatan, investasi modal, dan efisiensi biaya. Pada perspektif pelanggan menunjukkan target pasar, kepuasan pelanggan, profitabilitas pelanggan yang berperngaruh pada mutu pelayanan. Perspektif Proses Bisnis Internal menunjukkan adanya inovasi, kualitas pelayanan, dan fasilitas internal perusahaan. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan profesionalitas SDM yang berpengaruh pada komitmen pegawai, pelatihan SDM untuk menciptakan kapabilitas pegawai, dan teknologi informasi yang berhubungan dengan fasilitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki visi, misi, dan strategi yang jelas beserta indikator-indikator yang dibutuhkan dalam pengukuran kinerjanya. Pada perspektif keuangan menunjukkan hasil kinerja keuangan yang cukup bagus dengan pencapaian target pendapatan diatas target yang ditentukan. Perspektif pelanggan terlihat dari pencapaian perusahaan yang mampu menguasai pangsa pasar. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan adanya inovasi dan fasilitas pelayanan yang memudahkan nasabah. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja sumber daya manusia dalam komitmen dan kapabilitas sebagai tenga pemasar yang profesional. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai alat pembantu penerjemah visi, misi dan strategi perusahaan yang ditinjau dari perspektif keuangan maupun non keuangan. Perusahaan diharapkan dapat mengembangkan tujuan dan sasaran strategi perusahaan secara maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: DITA YUNIASARI (1210107883)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Sasaran Strategi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:10
Last Modified: 25 Jan 2021 04:10
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item