PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

PUTRO, VINKI PERMATA SARI UTOMO (2017) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan untuk menguji profitabilitas memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian terdiri dari 13 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2015 dengan jumlah pengamatan sebesar 52 dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan keuangan auditan, laporan tahunan beserta ringkasan perusahaan. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu IBM SPSS Statistics 20. Sedangkan variabel dan proksi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu corporate social responsibility diukur menggunakan Corporate Social Disclosure Index (CSDI), profitabilitas diukur menggunakan Return on Equity (ROE), dan nilai perusahaan diukur menggunakan Price to Book Value (PBV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, artinya besar kecilnya CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan tidak mempengaruhi peningkatan nilai perusahaan. Hal tersebut diakibatkan karena investor di Indonesia cenderung membeli dan menjual saham tanpa memperhatikan keberlangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Profitabilitas memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, hal tersebut dikarenakan ROE menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan tingkat pengembalian modal yang dimiliki. Dengan meningkatnya proftabilitas maka perusahaan memiliki prospek yang baik dan menarik para investor untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: VINKI PERMATA SARI UTOMO PUTRO (1310108564)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Ronal Kamim, S. Hum.
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:06
Last Modified: 13 Jul 2020 03:06
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item