PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS

NINGRUM, SANNIA OKTA WIRANTI (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Leverage yang diproyeksikan dengan Debt to Equity Ratio, Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas yang diproyeksikan dengan Return On Asset melalui laporan tahunan keuangan (annual report) yang disusun oleh perusahaan basic industry and chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonseia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling pada perusahaan basic industry and chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2016. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 17 perusahaan dengan total keseluruhan sebesar 60 pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui variabel independen yang mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product And Servive Solutions) versi 22. Hasil penelitian ini menggunakan uji Kelayakan Model (uji f) yang menunjukkan bahwa layak digunakan dalam penelitian lebih lanjut. Sedangkan dalam uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan sebesar 0,071. Hal tersebut disebabkan masyarakat sebagai konsumen kurang memperhatikan lingkungan sekitar meskipun perusahaan telah melakukan kegiatan CSR. Variabel debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena besarnya hutang memberikan beban bagi perusahaan ketika tidak mampu membayar kewajibannya. Ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan sebesar 0,000 menunjukkan semakin besar total asset mencerminkan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas. Kata kunci: pengungkapan corporate social responsibility, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SANNIA OKTA WIRANTI NINGRUM (1410108969)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan corporate social responsibility, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:38
Last Modified: 10 Feb 2020 10:38
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item