MODEL ESTIMASI BIAYA IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN FUZZY ACTIVI1Y BASED COSTING (Studi Kasus di STIKOM Surabaya)

., SHOLIQ (2009) MODEL ESTIMASI BIAYA IMPLEMENTASI E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN FUZZY ACTIVI1Y BASED COSTING (Studi Kasus di STIKOM Surabaya). Masters thesis, STIESIA SURABAYA.

[img]
Preview
PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] PDF
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF
BAB 5.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Tujuan diimplementasikan e-learning pada dasarnya menyangkut tiga hal, yaitu: (i) desiminasi materi pembelajaran karena hambatan faktor geografis, (ii) meningkatkan kualitas hasil belajar, dan (iii) efisiensi secara keseluruhan biaya pembelajaran. Pembelajaran e-learning di Indonesia sudah marak dilakukan di beberapa Perguruan Tinggi baik perguruan tinggi komputer atau non komputer, sayangnya, penelitian-penelitian tentang e-learning untuk menyediakan model estimasi biaya sebagai kelayakan finansial dan model implementasinya belum banyak dilakukan. Sekolah Tinggi Manajemen lnformatika & Teknik Komputer (STIKOM) Surabaya, saat ini sedang melakukan persiapan implementasi e-learning untuk beberapa mata kuliah, sehingga dibutuhkan model estimasi biaya agar implementasi e-learning dapat efektif dan efisien. Untuk mendapatkan model pembiyaan yang efektif dan efisien digunakan teknik Activity Based Costing (ABC) agar struktur pembiayaan berorientasi pada value added terhadap tujuan akhir e-learning, sedangkan untuk menghandel kekuranginformasian data histori, di mana e-learning belum pernah diterapkan sebelumnya di STIKOM Surabaya digunakan teori fuzzy. lntegrasi antara metode ABC dan teory fuzzy digunakan secara bersama-sama untuk melakukan estimasi pembiayaan yang disebut fuzzy activity based costing (FABC). Penelitian ini telah mengintegrasikan teknik ABC dan logika fuzzy, di mana ABC digunakan sebagai langkah utama estimasi biaya dan logika fuzzy digunakan untuk menghandel kekuranginformasian data histori. Hasil akhir penelitian ini sebuah model estimasi biaya implementasi e-learning di STIKOM Surabaya dengan sistem pembiayaan berbasis aktivitas, di mana biaya yang diestimasi meliputi: (i) biaya keseluruhan implementasi e-learning; (ii) biaya per aktivitas yang terdiri dari 4 aktivitas utama dan 4 aktivitas pendukung yang disusun menggunakan Rantai Nilai Aktivitas Porter. (iii) biaya per cost pool yang dikelompokkan berdasarkan pemicu biaya (cost driver'); (iv) biaya per obyek biaya, terdiri dari: biaya per mata kuliah, biaya per mahasiswa, biaya per sks mahasiswa, dan biaya per program studi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model estimasi biaya, e-learning, Activity Based Costing, teori fuzzy, Fuzzy Activity based Costing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Program > Master Program in Accounting
Depositing User: Mrs. Kristina .
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:25
Last Modified: 13 Jun 2017 03:25
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item