PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

FATMAWATI, CICI AYU (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (468kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI) versi G-4 dengan indikator sebanyak 91 item. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Tobin’s Q, sedangkan Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return On Assets (ROA). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 41 perusahaan dari 151 perusahaan manufaktur. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi, dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 24. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas sebagai pemoderasi berpengaruh positif dan mampu memperkuat pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Reponsibility (CSR), Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: CICI AYU FATMAWATI (1510109798)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Reponsibility (CSR), Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Strata Satu (S-1) > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 09 Dec 2019 08:21
Last Modified: 11 Dec 2019 03:01
URI: http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item